KOLOMNEWS.COM – Ketika berkunjung ke Kota Jogja, tentunya Anda akan bisa menjumpai cukup banyak destinasi wisata yang sangat menarik. Mulai dari wisata budaya, wisata alam, wisata sejarah, dan bahkan juga wisata urban yang tidak kalah menarik lainnya.5 of 5 

Dari sekian banyak tempat wisata yang bisa Anda sambangi di kota Jogja, Tugu Jogja merupakan destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh para pelancong dan wisatawan. Tempat wisata ini bahkan menjadi ikon dan menjadi destinasi yang harus dikunjungi apabila Anda melancong ke Jogja.

Tempat wisata Tugu Jogja menjadi salah satu destinasi wisata malam yang banyak difavoritkan oleh para pelancong. Tempat ini akan banyak dikunjungi para wisatawan pada malam tiba. Bahkan hingga dini hari pun tempat ini masih terbilang cukup ramai dengan banyaknya wisatawan yang melakukan berbagai aktivitas di kawasan ini.

Sekilas Tentang Wisata Malam Tugu Jogja

Bagi Anda yang belum tahu, Tugu Jogja merupakan salah satu bangunan atau ikon kota Yogyakarta yang berada di tengah-tengah simpang empat Jalan Jendral Soedirman, Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan AM Sangaji, dan Jalan Diponegoro.

Tugu yang dibangun sejak masa Kasultanan Sultan Hamengkubuwono I ini memiliki nilai simbolis tinggi dan terletak di garis imajiner yang menghubungkan Gunung Merapi, Tugu, Keraton Jogja, dan Pantai Parangtritis dalam satu garis imajiner lurus.

Selain kawasan Malioboro, wisata malam tugu Jogja juga menjadi pilihan destinasi yang sangat menarik untuk dikunjungi.  Hampir setiap malam, ada cukup banyak pelancong yang menyempatkan waktunya untuk berkunjung ke destinasi yang satu ini.

Semakin malam tempat ini akan semakin banyak dikunjungi terutama oleh para muda-mudi. Bahkan tak jarang di atas pukul 00.00 pun tempat ini masih begitu ramai menjadi tongkrongan bagi para wisatawan.

Pasalnya, pada jam-jam tersebut lalu lintas yang berada di simpang empat tersebut menjadi semakin lengang sehingga para wisatawan pun dapat berswafoto (selfie) tanpa perlu harus khawatir lagi dengan kendaraan yang berlalu-lalang.

Selain menjadi tempat selfie yang cukup favorit para pelancong, kawasan Tugu Jogja juga menjadi destinasi wisata kuliner yang tidak kalah menarik untuk disambangi. Anda bisa menemukan berbagai menu kuliner istimewa nan lezat di kawasan sekitar Tugu Jogja ini mulai dari kafe, angkringan, warung makan lesehan, dan lain sebagainya.

Kawasan Tugu Jogja juga dikenal dengan sebutan Tugu Pal Putih karena warna cat yang digunakan sejak dahulunya adalah warna putih. Sebagai salah satu wisata ikonik, rasanya tidak lengkap kunjungan Anda bila tidak menyambangi tempat wisata bernama Tugu Jogja yang satu ini.

Hunting Foto Di Tugu Jogja Yang Ikonik

Seperti sudah menjadi sebuah keharusan bagi para pelancong apabila berkunjung ke Tugu Jogja yakni berfoto dengan latar-belakang berupa Tugu Jogja yang begitu menawan. Maka dari itu, jangan heran apabila berkunjung ke kawasan ini – terutama di malam hari- Anda akan menjumpai banyak anak-anak muda yang rela mengantri hanya untuk berfoto ria di tempat yang menjadi ikon kota Jogja ini.

Jika Anda juga tertarik untuk selfie maupun bernarsis ria di Tugu Jogja, sebaiknya tetap perlu cermat dan waspada dengan kendaraan yang lalu-lalang di sekitar kawasan Tugu. Banyak yang menyarankan untuk mengambil foto di kawasan ini pada malam hari di atas pukul 23.00 karena volume kendaraan yang melintas sudah mulai berkurang.

Kalau Anda termasuk hobi berfoto di tempat-tempat yang instagramable, maka wisata malam tugu Jogja ini menjadi tempat yang tidak boleh Anda lewatkan. Untuk mendapatkan keseruan yang lebih, jangan lupa mengajak rekan-rekan Anda untuk berfoto bersama di kawasan Tugu Jogja yang sudah terkenal ke berbagai pelancong dan wisatawan.

Wisata Kuliner di Sekitar Tugu Jogja

Selain menjadi destinasi yang menarik untuk tempat wisata malam di Jogja, kawasan Tugu Jogja juga menyediakan sejumlah wisata kuliner menarik untuk dicicipi. Sembari menikmati indahnya wisata malam di Tugu Jogja, Anda bisa menyantap berbagai kuliner lezat dan menarik.

Di sekitaran kawasan Tugu Jogja, wisata kulinernya didominasi oleh angkringan yang menawarkan kuliner-kuliner unik seperti nasi kucing, kopi jos, wedhang jahe, wedang ronde, gorengan, sate usus, sate telur puyuh, dan lain sebagainya. Kehadiran menu-menu kuliner ini tentunya bisa menjadi teman yang pas untuk menghabiskan malam di Jogja.

Demikianlah ulasan mengenai wisata malam tugu Jogja yang menarik untuk dikunjungi. Bagi Anda yang sedang melancong ke Jogja, jangan lupa untuk berkunjung ke destinasi ikonik yang menjadi kebanggaan masyarakat Jogja ini.

Sumber : DINPAR DIY

Pewarta : Gie R

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *