KOLOMNEWS.COM – Dalam rangka memperingati Hari Bakti TNI Angkatan Udara Tahun 2021 sekaligus wujud kepedulian pada berbagai lapisan masyarakat termasuk anak-anak usia sekolah yang belum tervaksinasi covid-19, Lanud Abdulrachman Saleh, Malang menggelar “Serbuan Vaksinasi” covid-19 bagi siswa-siswi sekolah, masyarakat umum dan Keluarga Besar TNI yang ada di lingkungan Lanud Abd Saleh, Sabtu-Minggu (17-18/7).

Kepala Dinas Operasi Lanud Abdulrachman Saleh Kolonel Pnb Subhan, S.T.,M.A.P., menyampaikan “Serbuan Vaksinasi” covid-19 jenis sinovac bagi siswa-siswi sekolah dilaksanakan selama dua hari (Sabtu-Minggu, 17-18 Juli 2021) di Gedung Cakrawala Lanud Abd Saleh dengan kuota 1500 vaksin. Para peserta sebelumnya telah mendaftar melalui online maupun mendaftar langsung pada petugas dari Seksi Osplat Lanud Abd Saleh.

Pada Sabtu (17/7) berhasil divaksin sekitar 740 peserta, dari 752 pendaftar dengan 16 vaksinator dari RSAU dr M.Munir Lanud Abd Saleh.  Sedangkan pada Hari Minggu (18/7) berhasil divaksin 870 peserta baik siswa sekolah, masyarakat umum maupun Keluarga Besar TNI dari 884 orang pendaftar dengan 15 orang vaksinator. Dari 870 peserta vaksin tersebut, termasuk pula siswa-siswi SMK Penerbangan Angkasa Singosari.

Selama dua hari pelaksanaan vaksinasi tersebut terdapat 26 peserta yang gagal divaksin dikarenakan 10 peserta memiliki suhu badan yang tinggi, 9 tensinya tinggi, 1 orang asma, 1 orang memiliki sakit jantung dan 5 anak usianya kurang dari 12 tahun.

Petugas dan vaksinator dari Rumah Sakit TNI AU dr M. Munir Lanud Abdulrachman Saleh senantisa menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaanvaksinasi. Tidak ketinggalan prosedur vaksinasi yaitu menerapkan empat tahapan vaksinasi, pertama registrasi yaitu calon peserta membawa foto kopi KTP,  untuk didata Nomor Induk Kependudukannya, kedua cek fisik ringan seperti tensi, nadi dan lainnya, apabila sakit ditunda dulu, ketiga pelayanan vaksin serta keempat observasi dan pelaporan.  Setelah selesai vaksin tiap-tiappeserta mendapatkan lembaran kartu telah divaksin covid 19 dari vaksinator.

Sumber : PUSPEN TNI

Pewarta : Gie R

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *