Yogyakarta,kolomnews.com (21/10/2021) – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya menerima lima unit mobil operasional vaksinasi dari Bursa Efek Indonesia (BEI), KPEI dan KSEI. Lima unit mobil tersebut terdiri dari empat unit Toyota Hiace dan satu unit Toyota Innova Reborn. 

Selain lima unit mobil vaksinasi, Pemkot Yogya juga menerima bantuan 10.000 rapid antigen senilai Rp 175.000.000, dan 1 buah oksigen konsentrator senilai Rp 15.000.000. 

Direktur Utama PT BEI, Inarno Djajadi, menyampaikan penyediaan mobil vaksin tersebut untuk membantu mempercepat vaksinasi Covid-19 di Kota Yogya. 

”Kami sangat mendukung upaya Walikota Yogya yang bertekad menuntaskan program vaksinasi Covid-19 di Kota Yogyakarta,” katanya di Balaikota Yogya. 

Dengan mobil vaksinasi tersebut, tambahnya, dapat membantu para tenaga medis dapat bergerak dengan cepat menuju lokasi yang belum tersentuh vaksin. 

Sementara itu, Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti sangat mengapresiasi dengan adanya bantuan lima unit mobil operasional vaksin tersebut. 

Menurutnya dengan adanya mobil vaksin tersebut tentunya akan sangat membantu dalam mengakselerasi percepatan vaksinasi Covid-19, serta mempercepat proses 3T (Testing, Tracing, Treatment) di Kota Yogya. 

“Mobil vaksinasi ini dapat digunakan untuk mendatangi lokasi-lokasi masyarakat yang belum tervaksinasi, serta mungkin mengalami kendala dalam mobilitas, bagi lansia, difabel serta bagi kelompok masyarakat rentan,” katanya. 

Selain itu, lanjutnya, keberadaan mobil vaksinasi ini tentunya akan mendukung penuh kampanye Kota Yogya tuntas vaksinasi. 

Ia mengungkapkan bahwa Pemkot Yogya tidak hanya melakukan vaksinasi bagi warga masyarakat yang ber NIK Kota Yogya, akan tetapi setiap warga DIY maupun luar DIY yang beraktivitas di wilayah Kota Yogyakarta.

Jadi, katanya, dari 415.000 penduduk Kota Yogya, sebanyak 349.000 warga yang berstatus wajib vaksin atau yang berusia di atas 12 tahun, semuanya telah mendapatkan vaksinasi.

“Penduduk Kota Yogya berjumlah 415.000, namun kami telah melaksanakan vaksinasi bagi warga sampai dengan sejumlah 580.000 warga, berarti telah tercapai lebih dari 100 persen cakupannya bagi warga Kota Yogya,” bebernya.

Meski seluruh warga Kota Yogya telah di vaksin, namun Pemkot Yogya tak henti-hentinya terus mengkampanyekan protokol 5M.

“Kami juga terus memperluas penggunaan aplikasi Peduli Lindungi di fasilitas umum, perkantoran, pusat belanja dan destinasi wisata,” katanya. 

Sumber : Pemkot Yogyakarta

Pewarta : Gie R

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *