Pembukaan secara resmi  acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kabupaten Bantul tahun 2021 dilaksanakan di Institut Ilmu Al-Quran An Nur Pendowoharjo, Sewon, Bantul. (24/11/2021)

Bantul,kolomnews.com – Adapun tujuan diadakannya MTQ Kabupaten Bantul tahun 2021 ini yang pertama adalah untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan kandungan Al-Quran. Kedua, untuk menguatkan ukhwah islamiah antar warga masyarakat se-Kabupaten Bantul. Ketiga, untuk melestarikan seni dan budaya mengafal  Al-Quran bagi warga masyarakat di Kabupaten Bantul. Dan yang keempat adalah untuk memilih bibit terbaik yang nantinya akan menjadi wakil Kabupaten Bantul dalam MTQ tingkat DIY.

Sekretaris Daerah, Drs. Helmi Jamharis, M.M., membuka Acara MTQ Tingkat Kabupaten Bantul Tahun 2021 dengan menabuh Gong secara simbolis sebagai pertanda dibukanya acara ini. Dalam sambutanya ia menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini dan juga mengucapkan selamat berkompetisi bagi para seluruh peserta. Ia berharap dengan adanya acara ini dapat memberikan manfaat dalam mempelajari, memahami, dan mengamalkan al-Quran sehingga dapat memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat.

“ Dengan pemahaman utuh atas nilai-nilai al-Quran insya Allah kita dapat membangun kokohnya toleransi, solidaritas, dan kebersamaan antar sesama umat manusia di muka bumi, khususnya di Kabupaten Bantul. Disamping itu MTQ juga merupakan wahana mencetak pembangunan akhlak bangsa sehingga terwujud tatanan masyarakat yang adil dan berkeadaban serta baldatun thoyyibatun warobbun ghofur, ” kata Helmi Jamharis.

Selanjutnya Kepala Bagian Administrasi Kesra Drs. Edy Bowo Nurcahyo, M.A., dalam laporan penyelenggaraan menyampaikan bahwa MTQ Kabupaten Bantul tahun ini akan diselenggarakan selama dua hari yaitu pada tanggal 24 sampai dengan 25 November 2021 bertempat di Komplek Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem. Adapun peserta dalam acara ini adalah utusan dari 17 kapanewon dengan jumlah 276 orang. Juri yang dihadirkan tentu saja para pakar dalam ahlinya yang berasal dari kalangan akademisi dan pondok pesantren. Dengan jumlah lomba sebanyak 32 cabang, maka akan diambil Juara 1, 2, 3, dan juga Juara Umum. Para juara ini nantinya akan mendapatkan tropi dan piagam penghargaan sekaligus uang pembinaan dari Pemkab Bantul.

“ Adapun biaya kegiatan ini dianggarkan dari APBD Kabupaten Bantul Tahun 2021 melalui bagian administrasi kesejahteraan rakyat Sekda Kabupaten Bantul. Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada bupati, wakil bupati, sekda, dan seluruh forkopimda yang selalu menganggarkan di APBD untuk MTQ dari tahun ke tahun,” kata Edy Bowo Nurcahyo.

Untuk menambah keberkahan sebelum memulai perlombaan, dilakukan pembacaan doa yang dipimpin oleh KH. Yasin Nawawi selaku pengasung PP. An Nur Ngrukem. Selama berlangsungnya acara ini baik hadirin maupun peserta diwajibkan untuk selalu melaksanakan dan mematuhi protokol kesehatan guna memutus penyebaran Covid-19.

Sumber : Pemkab Bantul

Pewarta : Mbah Tug

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *