KOLOMNEWS.COM-Mendengar kata gudeg, bayangan Anda tentu tertuju dengan masakan berbahan nangka muda khas Jogja. Memanglah benar, tetapi Anda wajib ketahui sesungguhnya gudeg pula memiliki banyak varian bahan lain.

Gudeg manggar senantiasa dirindukan sebab bahannya tercantum sangat jarang. Sedikit kesalahan dalam memasak membuat rasanya malah getir. Dibanding gudeg nangka, gudeg manggar ini cenderung menonjolkan rasa gurih dan teksturnya renyah. Jadi sangat cocok jadi alternatif jika bosan makan gudeg yang khas manis.

Lokasi

Rumah Makan Gudeg Manggar Manding ialah daya tarik kuliner baru yang terletak di jalur Parangtritis Bantul. Sajian utama yang ditawarkan oleh rumah makan ini merupakan gudeg manggar yang diolah dari bunga tumbuhan kelapa.

Rumah Makan Manggar ini terletak di jalur Parangtritis Kilometer 11, 5 Bantul, Yogyakarta. Dan mempunyai konsep tradisional alami dengan hidangan masakan khas Jawa.

Posisi Rumah Makan ini terletak di jalan utama penghubung antara kota Yogyakarta dengan Tepi laut Parangtritis tepatnya di wilayah Manding Bantul. Rute mengarah rumah makan ini dari pusat kota Yogyakarta ke arah selatan melewati Jalur Parangtritis.

Letaknya sebelah selatan dari perempatan kemudian lintas Manding i Jalur Parangtritis. Wisatawan yang baru awal kali mendatangi Rumah Makan Gudeg Manggar Manding tidak hendak kesusahan menciptakan tempat ini.

Kemewahan

Kesan elegan nampak kala wisatawan datang di depan Rumah Makan Manggar Manding. Meja sofa yang disediakan dibuat dari kayu tebal tetapi dengan proses pengerjaan secara modern. Wisatawan langsung disambut dengan ramah oleh pelayan kala tiba merambah salah satu ruangan Rumah Makan Manggar Manding. Catatan menu yang disajikan lumayan lengkap dengan catatan harga dan contoh foto.

Sejarah

Gudeg Manggar Manding merupakan sajian kuliner yang sudah berumur lebih dari 500 tahun kemudian semenjak era kerajaan Mataram Islam. Dalam sejarahnya, gudeg manggar ditemui oleh gadis Panembahan Senopati yang bernama Sekar Pembayun sekalian istri dari Ki Ageng Mangir Wanabaya.

Disaat tinggal di tanah Mangir, Sekar Pembayun memandang kemampuan tumbuhan kelapa yang banyak berkembang dan jadi pencaharian utama penduduk. Setelah itu dibuatlah sajian gudeg manggar dari bunga kelapa dan semenjak saat itu jadi sajian masakan baru di dekat Mangir.

Masakan gudeg manggar kini mulai menyebar ke segala penjuru dan mulai disajikan pada kegiatan perayaan keagamaan, acara perkawinan, dan syukuran. Tetapi keberadaannya pernah sangat jarang sebab warga mulai meninggalkannya. Disaat ini gudeg manggar mulai banyak ditemui sebab mulai banyak orang mau mencicipi hidangan yang sudah melegenda ini.

Cita Rasa

Rasa gudeg manggar Manding dibanding gudeg biasa tidak jauh berbeda sebab memakai bumbu dan proses pengolahan yang sama. Gudeg manggar di Rumah Makan Manggar Manding berjenis gudeg kering sama semacam sajian gudeg di dekat Wijilan Yogyakarta.

 Apabila bukan penikmat gudeg ataupun orang yang terbiasa makan gudeg hendak sulit membedakan rasa antara gudeg manggar dengan gudeg biasa yang dibuat dari nangka muda. Mereka yang baru awal kali mencicipi kuliner gudeg manggar ini hendak berpendapat lezat dan unik sebab belum mempunyai perbandingan rasa dengan gudeg manggar di tempat yang lain.

Cuma sedikit orang yang berkata kalau rasa gudeg manggar itu aneh sebab bisa jadi belum terbiasa dengan santapan tersebut. Perihal yang jadi koreksi malah buka dari masakannya melainkan opsi sajian gudeg manggar yang terbatas berbagai berikut lauknya. Sebagian tipe lauk yang jadi kesukaan wisatawan kuliner gudeg tidak ada di rumah makan ini sebut saja kepala ayam, cakar ayam, dan jeroan ayam.

Tidak hanya gudeg manggar, Rumah Makan Gudeg Manggar Manding sediakan menu lain yang tidak kalah menarik semacam brongkos, ayam goreng, ikan gurame organik, olahan ikan tawar, dan beragam sayur dan sambal.

Tidak ketinggalan pula bermacam- macam tipe minuman mulai minuman tradisional sampai berbagai berbagai juice buah- buahan yang menggoda selera. Tetapi sebagian menu yang tercantum dalam catatan menu tidak ada sebab ketiadaan stok dan tidak diberitahukan kepada pelanggan. Perihal ini sebagai koreksi dan mudah- mudahan pelayanannya lebih baik lagi.

Demikianlah informasi terkait  Gudeg Manggar Manding. Mudah- mudahan postingan ini dapat memberikan manfaat buat Anda yah.

Yang mo jelajah Jogja hub 087849378899

Pewarta : Gie Rahardjo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *