Yogyakarta,kolomnews.com – Hari ini Rabu (21/7) Baznas Kota Yogyakarta menyalurkan daging hasil penyembelihan hewan kurban ke sejumlah dapur umum di Kota Yogyakarta. Wakil Ketua II Baznas Kota Yogyakarta Abdul Samik menyampaikan, untuk pemberian hewan kurban yang diberikan kepada Dapur Umum dikelola langsung oleh LPKM dan satgas Covid-19. Pemberian daging ini tidak hanya berbentuk daging mentah saja melainkan diolah menjadi bahan makanan.

Samik menjelaskan, upaya yang dilakukan dalam rangka mensejahterakan masyarakat Kota Yogyakarta dengan memberikan olahan makanan yang akan di bagikan ke masyarakat. ” Nantinya satu setengah sapi diwujudkan diolah menjadi abon untuk panti asuhan, ponpes, dan difabel. Setengah sapi lain diberikan kepada kampung Pintar dan kampung ZWCD Sudagaran Sejahtera di Tegalrejo,” ungkapannya saat diwawancarai.

Total pembagian hewan kurban yang dimiliki Baznas Kota Yogyakarta sebanyak dua sapi dan sembilan kambing. Untuk tujuh kambing akan diberikan pada dapur-dapur umum yang dibentuk masyarakat terdampak Covid-19.

Sedangkan untuk dua kambing diwujudkan dalam kemasan kaleng berupa masakan siap saji yakni Tengkleng. ” Dalam bentuk kaleng saat ini belum jadi, biasanya sebulan setelah proses pengolahan sampai packaging nya. Peruntukannya untuk ketahanan pangan yang  terdampak Covid-19 sebagai bagian dari tanggap bencana. ini merupakan tahun kedua kami,” Kata Samik.

Ia menambahkan, nantinya masyarakat penerima mendapatkan imun dari daging yang sehat, enak, berkualitas dan menambah iman karena keberkahan ibadah kurban. 

” Harapannya ada kesadaran masyarakat dan panitia korban bahwa pelaksanaan ibadah kurban harus dilakukan dengan memenuhi ketentuan agama, baik secara teknis, kesehatan, dan kebersihan sehingga masyarakat bisa merasakan kemakmuran, tambah imun dan keberkahan, tambah iman,” jelasnya.

Sumber : Pemkot Yogyakarta

Pewarta : Gie R

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *