Gunungkidul kolomnews.com – Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional 2024 untuk jenjang SMP di Kabupaten Gunungkidul resmi dimulai dengan tema “Merdeka Prestasi Talenta Seni Menginspirasi”. Acara di buka langsung oleh Bupati Gunungkidul Sunaryanta di SMP N 1 Wonosari, Jumat (31/5/2024).

Dalam sambutannya, Bupati Sunaryanta menyampaikan pentingnya mempersiapkan generasi muda untuk masa depan yang cerah. Ia juga menekankan bahwa siswa-siswi SMP yang berpartisipasi dalam festival ini memiliki peran besar dalam mewarnai kehidupan bangsa dan negara di masa depan.

“Anak-anakku sekalian kalian harus mempersiapkan diri sejak sekarang untuk masa depan. Persiapan ini dimulai dari kehidupan pribadi, keluarga, hingga nantinya kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Bupati Sunaryanta juga menekankan tiga poin penting yang harus dipegang teguh oleh para siswa diantaranya disiplin, penguatan moral  dan menjaga kehormatan. Menurutnya, disiplin adalah kunci keberhasilan dalam hidup setta moral yang kuat dapat dicapai melalui adaptasi dan sentuhan dengan agama, apapun keyakinan yang dianut.

“Saya tegaskan yang terakhir adalah menjaga kehormatan adalah segalanya, dan menjaganya adalah dasar untuk meraih sukses,” katanya.

Sunaryanta juga mengajak para siswa untuk tidak hanya melihat festival ini sebagai ajang bersenang-senang, tetapi juga sebagai kesempatan untuk membentuk karakter yang baik dan memaknai hidup.

“Kegiatan seperti ini adalah bagian dari membentuk jiwa dan karakter yang baik. Ini bukan hanya sekedar hiburan, tetapi juga bekal untuk hidup dan masa depan yang lebih baik,” kata Sunaryanta.

Lebih lanjut, Bupati Sunaryanta menegaskan pentingnya berdoa dan menghormati orang tua sebagai bagian dari kunci sukses dalam hidup. “Berdoalah kepada Tuhan sesuai dengan agama masing-masing, dan hormatilah orang tua. Itu adalah kunci kesuksesan,” tambahnya.

Dengan diadakannya festival dan lomba seni ini, diharapkan para siswa dapat mengembangkan talenta seni mereka dan menjadi individu yang berguna bagi diri sendiri, keluarga, dan bangsa.

“Mudah-mudahan kegiatan ini mempengaruhi jiwa dan karakter kalian, sehingga apa yang kalian inginkan dan cita-citakan dalam hidup ini dapat tercapai,” tutup Sunaryanta.

Acara ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk menyalurkan bakat seni para siswa serta menginspirasi mereka untuk terus berkarya dan berprestasi, membawa nama baik Kabupaten Gunungkidul di kancah nasional.

Pur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *