Yogyakarta, kolomnews.com – Srikandi PERSIKINDO DIY Kunjungi UKM Anyaman & Pelaku Usaha Perempuan: Membangun Kolektif Saling Menguatkan, Mendorong, & Memajukan

“Surprise sekali. Biasanya tamunya nggak begitu banyak. Ini malah banyak banget.”

“Terima kasih, Bu Yani. Sampai jumpa ke kunjungan-kunjungan lainnya.”

Demikian kesan mendalam salah satu Pengerajin Anyaman berbahan baku Enceng Gondok kering, asal Girimulyo Kulonprogo, Tugiman. Ungkapan tersebut disampaikan langsung saat menerima kunjungan para Srikandi Perempuan Cantik, Enerjik, dan Sukses yang tergabung dalam Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perkumpulan Srikandi Kreatif Indonesia (PERSIKINDO) Daerah Istimewa Yogyakarta yang diketuai Ir Mursupriyani.

Dijelaskan Ir Mursupriyani, kunjungan ke sejumlah pebisnis level UKM dengan beraneka ragam kreasi produk lokal-nya, yang tersebar di berbagai daerah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan tugas para pengurus DPD PERSIKINDO DIY. Tugas yang diemban Srikandi Perempuan DPD PERSIKINDO DIY sebagai salah satu komunitas masyarakat, yakni membangun kolektif yang saling menguatkan, saling mendorong, dan saling memajukan.

Tak lupa, apresiasi akan ragam produk hasil kreasi kepada pebisnis level UKM terus diberikan oleh DPD PERSIKINDO yang dipimpin langsung Ir Mursupriyani, melalui hal-hal kecil semisal mengunjungi pengerajin anyaman berbahan baku Enceng Gondok kering milik Tugiman pada Kamis (23/5/2024). Tampak sepele memang, tapi hal itu sangat berdampak untuk merawat semangat para pebisnis level UKM.

“Mudah-mudahan kita bisa berjalan terus mengunjungi teman-teman UKM. Memberi support, memberi semangat, dan saling bersinergi mengembangkan usaha kita,” tutur Ir Mursupriyani dengan penuh semangat, memungkasi kunjungan.

Kunjungan berlanjut ke Ambarketawang Gamping, Sleman. Kunjungan Perempuan Srikandi DPD PERSIKINDO DIY kali ini menemui pelaku usaha perempuan sekaligus pebisnis level UKM, yaitu brand Owner “Kanzania Roti,” Indrianingsih.

Dari Gamping Sleman, apa yang dibayangkan tentang transformasi bisnis ke level UKM, sebagaimana yang kerap diistilahkan dengan “UMKM naik kelas,” terbukti benar adanya.

“Kita saling dorong mendorong untuk bisa “naik kelas.” Untuk bisa berbagi ilmu,” tutur Indrianingsih merespons kunjungan DPD PERSIKINDO DIY dipimpin langsung Ir Mursupriyani, pada Kamis (23/5/2024).

Para Srikandi Perempuan PERSIKINDO DIY mendengarkan berbagai cerita praktik baik kolaborasi pelaku usaha UMKM bersama pebisnis level UKM, seperti yang dilakukan Indrianingsih. Sebagai pebisnis level UKM, Indrianingsih terdorong untuk menularkan praktik baik penggunaan tempat produksi higienis miliknya, didukung peralatan cukup memadai kepada para pelaku usaha yang sebagian besar masih pebisnis UMKM.

“Satu, saling mencerdaskan. Untuk temen-temen yang belum bisa bikin sempurna, mari kita sempurnakan! Bisa berbagi ilmu. Jadi, bagi temen yang bisa bikin kue, kukis, bikin makanan Jowo, mungkin bisa kita kolab di sini untuk bisa saling berbagi. Dan, nanti kita bisa saling berbayar, supaya bisa take and give antar kita. Dan, kita bisa menyebarkan di luar Anggota PERSIKINDO bisa juga merasakan manfaatnya,” tutur Indrianingsih.

Dari kunjungan itu terlihat bahwa pebisnis level UKM dari berbagai daerah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menyadari betapa tujuan seseorang berbisnis bagi masyarakat selalu lebih besar ketimbang tujuan diri sendiri atau kelompok. Indrianingsih misalnya, dia ingin menghadirkan cara terbaik berbagi ilmu bagi pelaku usaha UMKM. Ketulusan untuk membagikan ilmu terbaik kepada anak-anak bangsa menjadi ciri para pebisnis level UKM di Provinsi DI Yogyakarta. Hal yang sama diyakini juga berlaku di setiap ekosistem bisnis se-antero Indonesia.

Hubungan antara pelaku usaha, khususnya pebisnis level UKM, juga terlihat sangat dekat dengan komunitas masyarakat, salah satunya Perempuan Srikandi PERSIKINDO DIY. Tidak terlihat adanya relasi kuasa ketika berlangsung percakapan antara Ketua DPD PERSIKINDO DIY, Ir Mursupriyani dengan Indrianingsih.

Dari percakapan tersebut, bisa diketahui bagaimana organisasi perempuan, seperti Srikandi Perempuan PERSIKINDO DIY menjadi tumpuan semangat bagi para pebisnis level UKM dalam banyak hal. Termasuk nantinya ketika Indrianingsih dikirim ke sejumlah wilayah di Indonesia untuk menularkan ilmu memproduksi roti.

Perempuan Srikandi PERSIKINDO DIY memberi semangat bahwa tugas menyebarluaskan ilmu ke berbagai daerah di Indonesia sangat dibutuhkan demi mewujudkan perubahan. Dengan cara pandang demikian, upaya menyebarluaskan ilmu ke berbagai daerah adalah tugas mulia.

“Kalau seandainya temen-temen dari seluruh Indonesia ingin belajar, apakah Ibu Indri berkenan melatih mereka atau mereka harus datang ke Jogja?” tanya Ir Mursupriyani kepada Indrianingsih.

“Saya siap mengajarkannya,” jawab Indrianingsih merespons harapan Ir Mursupriyani.

“Siap ke seluruh Indonesia,” tanya Ir Mursupriyani menandaskan.

“Siap,” jawab Indrianingsih.

  1. Penulis : Muh Sanusi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *