GUNUNGKIDUL, kolomnews.com- Sebanyak 54 Calon Anggota Panwaslu Kecamatan/Kapanewon Se-Kabupaten Gunungkidul diambil Sumpah Janji dan Pelantikan pada Pemilihan Serentak Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024, di Ruang Handayani, Kantor Sekretariat daerah Kabupaten Gunungkidul, Jumat (24/5/2024).

“Hari ini dilantik, pagi hari siangnya pembekalan sore langsung penyelesaian adminisrasi PKD, tanggal 27 dan 28 sudah wawancara PKD, saya minta semuanya harus ready,” kata Andang Nugroho selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Gunungkidul.

Andang juga menekankan untuk para Panwascam untuk tidak gagap soal peraturan dan ketugasan serta untuk mempelajari semuanya.

“Siapkan diri betul fisiknya dan mentalnya, karena Panwascam ini lebih sering di lapangan untuk mengawasi,” tambahnya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Gunungkidul tersebut juga menyampaikan, untuk potensi kerawanan dalam Pemilihan Kepala Daerah ini terdapat pada netralitas ASN dan Kampanye.

“Yang menjadi perhatian yakni netralitas ASN, Perangkat desa, TNI – Polri dan juga kampanye yang perlu menjadi perhatian,” imbuhnya.

Pihaknya juga berharap, dalam penyelenggaraan Pilkada 2024 para calon dapat berkonstestasi secara fair dan sportif.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta pun berharap, para Panwascam ini dapat melaksanakan ketugasannya secara maksimal,

“Jangan sampai ada persoalan persoalan yang nanti menjadi tuntutan baik dari masyarakat maupun pasangan calon, makanya kehati-hatian ini sangat diperlukan,”

Orang nomor satu di Gunungkidul tersebut juga menegaskan untuk para Panwascam untuk netral dan tidak terpengaruh dengan kekuatan politik lokal,

“Harus netral, bicara soal professionalisme harus independen jaga netralitas karena mereka juga diawasi oleh masyarakat, jangan sampai ada KKN,” tegasnya.

Ditanya soal kesiapannya sebagai Panwascam, Heri salah satu Panwascam Kapanewon Karangmojo mengatakan yang terpenting pembagian waktu ketugasannya,

“Ya itukan setiap hari mas, jadi harus siap kapanpun, paham juga soal aturan-aturannya dalam mengawasi,” katanya.

Hadir juga dalam prosesi pelantikan Ketua Bawaslu DIY Agung Nugroho, Ketua KPU Kabupaten Gunungkidul Asih Nuryanti, perwakilan Forkopimda serta Panewu.

Reporter : Pur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *