Sidoarjo,kolomneslns.com – Pelatihan Desa Preneur Tahap Pertumbuhan di Kalurahan Sidoharjo dilaksanakan pada hari Senin, 5 Februari 2024.

Ini merupakan hari pertama pelatihan yang rencananya akan dilaksanakan hingga tanggal 7 Februari 2024.
Pada hari pertama, dibuka oleh Lurah Sidoharjo, Evi Nurcahyani dan sambutan dari Dinas Koperasi dan UKM.

Oleh Bu Lurah, disampaikan bahwa peserta yang dihadirkan pada pelatihan ini adalah para pelaku UMKM, pengelola BUMKal, Pengurus Desa Wisata, Pengurus Kalurahan Budaya yang dilibatkan untuk berpartisipasi. Serta dirinya menghimbau peserta mengikuti pelatihan dengan baik, semua berperan aktif karena ada tujuan dan capaian yang akan dicapai bersama untuk kesejahteraan masyarakat Sidoharjo. Selaku narasumber yaitu dari LSA (Lembaga Satu Asa) yang bergerak dibidang UMKM, menjelaskan tujuan adanya pelatihan ini.

Pelatihan desa preneur ini dengan model Blangkon, sebuah singkatan dengan kepanjangan yaitu Bermuatan Lokal, Bersaing Global dan Berbasis Komunal. Pelaksanaan desa preneur ini bertahap selama 3 tahun. Tahun pertama pertumbuhan, tahun kedua pengembangan dan tahun ke tiga adalah maju.

Seusai pelatihan, maka akan dilakukan pendampingan rutin yang harapannya peserta akan tetap konsisten dan berkomitmen serta ada perbedaan sebelum dan sesudah adanya pelatihan.P

Pur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *