Kolomnews.com – Komando Korem 072/Pmk bertindak sebagai pembina upacara dalam rangka Pembukaan Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika tingkat Korem 072/pm dalam rangka penguatan Binter TA 2024.

Perkemahan Saka Wira Kartika ini mengambil tema Bersatu dengan alam rehabilitasi kawasan hutan dan lahan basah, yang digelar di lapangan Pendem Kompleks Pusat Pelatihan Tempur Gunungkidul, Sabtu (03/02/2024). Diikuti 200an orang dari perwakilan Saka Wira Kartika asal Kodim Gunungkidul, Kodim Sleman, Bantul, dan Kotamadya Yogyakarta.

Kasad yang dibacakan oleh Danrem 072/Pamungkas menyampaikan bahwa, selaku Pembina Saka Wira Kartika Tingkat Nasional, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak panitia yang telah merencanakan dan menyiapkan kegiatan hari ini sehingga kegiatan dapat terlaksana dengan baik. Semoga kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana untuk meningkatkan pengetahuan tentang Kepramukaan, tetapi juga memberikan pemahaman tentang kesadaran terhadap lingkungan yang merupakan tanggung jawab moral seluruh lapisan masyarakat tanpa kecuali anggota Pramuka.

Danrem juga menyampaikan bahwa, terselenggaranya kegiatan Persami ini ditujukan kepada generasi muda untuk memberikan pengalaman dan menanamkan tentang nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin, serta kepedulian tentang melestarikan lingkungan dan alam sekitar. Oleh karena itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat mengembalikan fungsi hutan ke dalamnya sebagai paru-paru dunia guna membangun kembali habitat alam dan ekosistemnya serta mencegah pemanasan global. Selaras dengan tema kegiatan yaitu Bersatu dengan Alam Rehabilitasi Kawasan Hutan dan Lahan Basah. Makna dari tema ini pun diselaraskan dengan poin Dasa Darma Pramuka yang kedua berupa Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia.

Diakhir amanatnya Danrem menyampaikan pesan kepada adik-adik sekalian agar mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya. Ilmu yang nantinya diperoleh agar diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan harapan akan menjadikan generasi muda bangsa yang disiplin, mandiri, memiliki semangat bela negara, serta rasa kepedulian dan bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan alam sekitar, sehingga menghasilkan.

Senada juga disampaikan oleh Bupati Gunungkidul H. Sunaryanto bahwa, lingkungan memberikan dampak yang baik untuk keseimbangan ekosistem. “Atas nama Pemerintah Kabupaten Gunungkidul saya mengucapkan terima kasih atas kegiatan ini dalam melestarikan alam”, jelasnya.

Di akhir acara juga di adakan menyerahkan 100 paket sembako kepada masyarakat warga, Pelepasan burung 312 ekor (Kutilang, Perkutut, Jalak kebo, Trucukan, Tekukur) dan meninjau kegiatan pengobatan massal dan juga Penanaman 1000 pohon

Pur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *