TEMANGGUNG,KOLOMNEWS.COM – Sebanyak 190 orang petugas kebersihan/persampahan mengikuti apel kesiapsiagaan kebersihan menyambut Hari Raya Idulfitri 1442 bagi armada dan pegawai kebersihan/persampahan di Halaman Kantor Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH), Senin (3/5/2021).

“Apel tersebut selain untuk silaturahmi dan koordinasi pekerjaan, yaitu mengadakan stok opname terhadap personel maupun armada supaya pada saat pelayanan, khususnya pada saat perayaan Hari Raya Idulfitri bisa terlayani dengan optimal,” ujar Kepala DPRKPLH Kabupaten Temanggung Entargo Yutri Wardono.

Entargo menerangkan, pada kegiatan apel pagi tersebut terdapat lebih dari 190 orang petugas kebersihan, dengan armada berupa kendaraan truk sebanyak 13 unit, kendaraan kecil lima unit, dan kendaraan roda tiga sebanyak 29 unit. Namun, seluruh armada tersebut masih kurang optimal untuk kebutuhan di Kabupaten Temanggung.

Sebagaimana diketahui pada saat Idulfitri bahkan sejak Ramadan, seharusnya masyarakat juga puasa sampah. Namun kenyataannya, sampah justru semakin banyak.

“Harapan kami di Hari Raya Idulfitri, kegiatan-kegiatan timbunan sampah bisa kita selesaikan dengan baik,” katanya.

Entargo menjelaskan peningkatan sampah saat Ramadan ini sekitar lima persen, dan diperkirakan di puncak Hari Raya Idulfitri peningkatan sampah sampai 15 persen. Adapun volume harian sampah tercatat yang diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sekitar 120 ton dari 140 desa. Dengan demikian kapasitas volume TPA di Desa Sanggrahan sudah mencapai 80 persen, sehingga akan diadakan perluasan TPA dalam waktu dekat.

“Dengan strategi pembinaan di desa-desa dan melaksanakan kegiatan desa bebas sampah, harapannya perilaku masyarakat Temanggung bisa berubah dan timbunan-timbunan sampah di TPA bisa ditekan,” ungkapnya.

Dalam menghadapi Idulfitri, lanjutnya diharapkan masyarakat Temanggung dapat menerapkan pengelolaan sampah yang baik. Menyelesaikan sampah organik di tingkat rumah tangga, agar sampah anorganik di tingkat RT yang diambil petugas kebersihan adalah sampah residu.

“Kepada para petugas dalam rangka Hari Raya Idulfitri ini, kami minta pelayanan tetap berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Penulis: MC TMG/Cahya:Ekape
Editor: WH/DiskominfoJtg

Pewarta : Gie Rahardjo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *